ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Tips dan Trik Menghemat Biaya Pernikahan di 2023-2024? Gaun, Dekorasi, Catering, Makeup, Sewa Mahar

Nikayu.com - Tips dan Trik Menghemat Biaya Pernikahan di 2022 hingga 2023-2024? Gaun, dekorasi, catering, sewa mahar. Setiap orang pasti banyak yang menginginkan pada momen pernikahannya untuk melakukan yang terbaik serta berkesan di momen tersebut.

Tetapi untuk mewujufkan itu semua memerlukan biaya yang bisa dibilang tidak sedikit lohh. Sehingga banyak pula pasangan yang ingin menikah merasa cemas dengan memikirkan mahalnya biaya pernikahan.

Padahal bisa loh bagi kalian yang ingin mewujudkan pernikahan impian kalian dengan budget yang bisa terbilang lebih hemat. Kalian mau tau caranya? ni

Berikut ini saya berikan tips dan trik untuk menghemat biaya pernikahan tahun 2022? bisa disimak yaa.

1. Tempat akad

Momen terpenting didalam suatu pernikahan yaitu disaat mengucap janji, betul tidak? nah pada momen ini kalian tidak harus di tempat yang mewah loh.

Momen ini dalam ajaran Islam disebut sebagai akad nikah, upacara pemberkatan untuk agama Nasrani, dan kepercayaan lain pun memiliki aturannya sendiri.

Sebenarnya perlu kalian tau bahwa biaya akad nikah ini sebenarnya murah, lho. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2014, akad nikah yang diselenggarakan di balai nikah Kantor Urusan Agama (KUA) pada hari dan jam kerja nggak dipungut biaya alias gratis.

Sementara jika kalian menginginkan akad nikah di luar KUA dan selain hari kerja kalian dikenakan biaya Rp.600 ribu.

2. Dekorasi

Memang sih setiap pasangan pengantin pasti memiliki konsep impian terutama dalam dekorasi. Tetapi coba bisa kalian pikirkan ulang kembali, penting tidak sih dekorasi yang mewah?

Yah dekorasi memang sebagai fokus utama yang di lihat oleh para tamu undangan namun apakah apakah harus dengan dekorasi mewah?

Kalian bisa kok menggunakan dekorasi yang sederhana tetapi juga berkesan dan menarik dimata tamu undangan. Kalian biasa utamakan kesakralan acara pernikahan kalian, namun kalian tetap mengutamakan konsep impian kalian.

Kalian bisa dengan menganggarkan Rp10 juta termasuk sewa tenda, meja kursi, dan perlengkapan lain jika pesta kalian digelar di rumah.

Jika kalian menginginkan pesta digedung dengan menghemat biaya kalian bisa memanfaatkan balai atau milik lembaga pemerintah yang bisa kalian sewa dengan harga yang terjangkau bagi kalian.

3. Catering

Pada saat pesta pernikahan pengeluaran biaya yang paling besar terletak pada biaya konsumsi. Nah ternyata ada tips dan trik nya loh bagi kalian yang ingin menghemat biaya konsumsi tanpa mengurangi kualitasnya.

Kalian bisa memilih menu makanan prasmanan yang mengenyangkan dan lengkap. Ada menu sayur berkuah, sayur tanpa kuah, olahan daging, kerupuk, dan buah potong.

Kalian juga bisa menghindari dengan tidak terlalu banyak menyediakan stand makanan karena hal ini bisa membuat para tamu undangan mengambil makanan tersebut tidak hanya sekali sehingga membuat menu makanan prasmanan jadi kurang tersentuh.

Karena stand makanan biasanya lebih menarik bagi tamu undangan dan membutuhkan lebih banyak peralatan serta petugas pelayanan.

Kalian juga harus memperhatikan jumlah menu yang akan disiapkan, sesuaikan dengan jumlah undangan yang disebar dan perkiraan keluarga yang hadir. Anggarkan sekitar Rp20-25 juta untuk urusan konsumsi.

4. Gaun dan Makeup

Agar pengeluaran kalian makin hemat, kalian bisa menahan keinginan kalian untuk membuat baju pengantin khusus sesuai dengan apa yang kalian impikan sejak lama.

Kalian bisa dengan memanfaatkan jasa sewa baju pengantin yang kini makin beragam pilihannya. Kalau memungkinkan, cari persewaan busana yang sepaket dengan jasa rias.

Biaya sewa sepasang baju pengantin bisa dianggarkan Rp5 jutaan. Kalian harus ingat lagi tujuan awal pernikahan ini, yang terpenting adalah kesakralan acara dan kehidupanmu rumah tanggamu setelahnya.

5. Seragam Keluarga

Bagi kalian penting enggak sih menyiapakan seragam untuk sanak saudara yang senada dengan gaun pengantin? Kalian bisa kok menyewakan kebaya atau baju adat kembaran untuk mereka sudah cukup terlihat keren bukan.

6. Undangan

Biaya yang dikeluarkan untuk mencetak undangan juga tidak sedikit lohh. Tetapi sayangnya banyak undangan yang berakhir di tempat sampah ketika tamu undangan sudah selesai menghadiri pesta pernikahan kalian.

Diera serba teknologi sekarang ini bagaimana jika kalian beralih ke undangan digital? Sekarang ini sudah bukan hal tabu mengirimkan undangan resmi lewat chat. Selain itu bisa menghemat penggunaan kertas dan lebih ramah lingkungan.

Dengan biaya jasa desain undangan digital yang bisa dikatakan cukup relatif murah, bahkan ada yang mematok harga di bawah Rp500 ribu.

Nah lebih bagus lagi jika kalian atau pasangan menguasai bidang desain digital. Atau kalian bisa juga coba website desain undangan gratis. Wah, bisa gratis dan sesuai keinginan kalian, kan?

7. Mahar

Mahar merupakan hal yang terpenting di dalam pernikahan, namun apakah harus dengan mahal yang banyak dan mahal? Hal ini bisa kalian bicarakan denga pasangan kalian yaah, jangan sampai biaya mahar melebihi batas kemampuan kalian.

Post a Comment

Post a Comment