ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Mengenal Pengertian Dan Bentuk Promosi Secara Digital

nikayu.com - Cara Baru Mengenal Pengertian Dan Bentuk Promosi Secara Digital | Promosi menjadi sebuah bagian dari penjualan suatu produk atau jasa yang wajib dilkakukan oleh pelaku usaha agar memperoleh peningkatan yang signifikan setiap bulannya. Banyak dari kita menganggap bahwa promosi dan pemasaran memiliki pengertian yang sama, dimana promosi merupakan salah satu bagian dari kegiatan dalam proses pemasaran. Karena kesalahan pemahaman tersebut, menjadikan banyak orang salah menerapkan strategi dalam proses promosi.

Menurut para ahli, seperti Khotller mengungkapkan bahwa promosi sebenarnya memiliki arti yang lebih luas dari sekedar proses dalam penjualan. Penjualan sejatinya hanya berhubungan dengan pertukaran hak milik, yang dilakukan oleh tenaga penjual/sales.

Sedangkan promosi adalah setiap aktivitas yang dimaksudkan untuk memberitahukan pada pasar, dengan cara membujuk atau mempengaruhi konsumen agar tetap menggunakan produk yang dihasilkan perusahaan.

Dalam proses digital marketing, istilah promosi pun memiliki pengertian yang lebih variatif. Salah satunya dikemukakan oleh Basu Swastha. Dimana promosi adalah arus informasi atau persuasi satu-arah yang dibuat melalui media digital untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam proses pemasaran.

Dengan demikian, konsep promosi menjadi kunci utama suatu perusahaan dalam mencangkup pasar yang lebih luas, sebab promosi terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat. Salah satunya promosi yang dilakukan secara digital atau lebih tepatnya digital marketing menjadi strategi andalan yang telah dikembangkan disemua pelaku usaha, karena dengan cara promosi digital marketing lebih efektif untuk menarik nasabah atau customer dalam waktu yang singkat.

Tujuan Dilakukan Promosi Secara Digital

Pada proses Digital Marketing, ada yang disebut sebagai tahapan Awareness, dimana kita memancing perhatian banyak orang dengan membuat sebuah konten yang unik ke tengah-tengah platform.

Ibarat melempar batu ke dalam kolam yang tenang, promosi hendak menciptakan gelombang yang menggerakan orang-orang untuk melihat pesan yang disampaikan.

Strategi ini melibatkan peninjauan untuk memeriksa apakah audience benar-benar terlibat dalam proses penjaringan, lalu internet marketer akan mengambil keputusan yang tepat dalam membuat perusahaan sukses secara online.

Bentuk Promosi Secara Digital

Dalam melakukan proses promosi secara digital, biasanya seorang pemilik jasa akan mencari dimana tempat paling ramai, semua melibatkan media yang dapat menangkap perhatian orang paling banyak.

Bentuk promosi yang paling sederhana adalah dengan beriklan di media-media sosial seperti facebook, instagram, youtube, dan sebagainya.

Dikarenakan tempat-tempat ini merupakan media strategis dimana banyak user yang berkumpul setiap harinya. Mereka menjadi audience yang potensial dalam menyampaikan pesan promosi.

Bentuk promosi lain adalah dengan memasang banner di media-media online, dengan harapan ketika user mengunjungi media, lalu mereka melihat banner yang diletakan secara strategis di bagian tertentu, mereka akan mengklik dan mengunjungi pihak yang melakukan promosi di dalamnya.

Bentuk promosi yang tersulit dilakukan secara organik. Karena membutuhkan analisa yang cukup cerdas agar bisa bersaing dalam memikat hati audience, melalui konten kreatif, atau unique selling point.

Tips Melakukan Promosi Digital

Kesemua tahapan untuk melakukan proses pemasaran ini membutuhkan pengalaman yang tinggi dari seorang marketer, sehingga tidak dapat dilakukan oleh mereka yang baru saja mulai menjajaki karir di bidang digital marketing.

Untuk itu, berikut tips melakukan promosi digital yang bisa anda pertimbangkan agar sukses mengembangkan bisnis melalui media digital. Antara lain :

1. Kenali Brand Anda dan buat Brand Message yang jelas

2. Buat asset digital yang bisa anda kendalikan sepenuhnya

3. Tentukan target market yang konsisten, setidaknya untuk 5-10 tahun kedepan

4. Lakukan budget alocation yang tepat

Berikut ulasan diatas mengenai promosi digital yang saat ini menjadi trobosan baru untuk memulai suatu usaha yang bergerak dalam bidang jasa atau barang, karena dengan menggunakan promosi digital lebih menguntungkan untuk jangka panjang. Namun, untuk melakukan promosi digital harus memahami cara promosi digital marketing yang baik agar nantinya strategi promosi digital diharapkan dapat menunjang penjualan suatu produk atau jasa pada pelaku usaha.

Post a Comment

Post a Comment