ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Menu Olahan Makanan Bayi 6-12 Bulan: MPASI Bergizi, Sehat, Praktis

Nikayu.com - Menu Olahan Makanan Bayi 6-12 Bulan, Paling Bergizi Tahun 2020 | Makanan bayi menjadi salah hal yang harus diperhatikan oleh ibu-ibu muda khusunya, karena bayi yang baru berusia 6-12 bulan harus diberikan asupan makanan bayi yang bergizi, sehat, dan mudah dicerna oleh bayi. Makanan yang cocok untuk bayi yang berusia 6 bulan sangat mudah didapatkan di sekitar kita dengan harga terjangkau, serta setiap olahan menu makanan bayi yang berusia 6-12 bulan membutuhkan asupan gizi yang lengkap.

Ada beberapa menu olahan makanan bayi usia 6-12 bulan yang berasal dari sayuran atau buah-buahan yakni wortel, labu, beras merah, jagung, dan lain-lain yang memiliki kandungan gizi lengkap, serta sangat baik digunakan untuk makanan pendamping asi atau mpasi 6 bulan pertama kali. Oleh karena itu bagi ibu-ibu muda sangat disarankan ketika bayi sudah masuk kedalam 6 bulan pertama, boleh diberikan mpasi yang mengandung gizi terbaik.

Apa itu MPASI ?

MPASI adalah makanan pendamping asi yang diberikan oleh ibu kepada bayi berusia 6-12 bulan, dengan syarat pemberian makanan pendamping asi harus diimbangi dengan pemberian asi secara teratur agar bayi tercukupi kebutuhan gizi, karena bayi yang menginjak usia 6-12 membutuhkan makanan tambahan atau biasa disebut pendamping ASI, sebab bayi pada usia 6-12 bulan telah berkembang dengan menunjukan sifat yang baik pada setiap anggota tubuhnya, seperti bayi merespon adanya sesuatu hal yang baru dan mulai menerima makanan tersebut secara perlahan.

Pada saat usia bayi 6-12 bulan, maka pada saat itu sistem pencernaan bayi telah beradapatasi menerima menu olahan makanan yang bervarian, khususnya makanan bayi yang mengandung gizi lengkap. Mernu olahan makanan bernutrisi berasal dari sayuran dan buah dengan pemberian makanan yang teratur dan sesuai jadwal menu mpasi 6-12 bulan. Dengan demikian bagi ibu muda khususnya harus memiliki menu makanan bayi 6-12 bulan buatan sendiri yang dilengkapi dengan resep menu mpasi selama 6-12 bulan.

Berikut Menu Olahan Makanan Bayi 6-12 Bulan, Paling Bergizi Tahun 2020 yang memiliki varian rasa dan jenis makanan pendamping asi terbaik bagi perkembangan dan pertumbuhan si bayi yang memiliki usia 6-12 bulan, diantaranya :

Pertama, menu olahan makanan bayi Bubur Wortel Jagung Susu. Bayi yang telah beranjak usia 6-12 bulan berhak mendapatkan makanan pendamping ASI yang bergizi lengkap dan mudah dikelola setiap saat, tanpa harus menyusahkan orang lain atau diri sendiri. Berikut cara mengola menu makanan bayi bubur wortel jagung susu untuk usia 6-12 bulan, yakni langkah pertama siapkan bahan dan perlengkapan untuk membuat bubur bayi wortel jagung susu.

Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat wortel jagung susu ?

Pertama, siapkan 25 gram wortel kukus, 25 gram jagung kukus, kemudian jangan lupa dipipil, siapkan 25 ml air matang, setelah itu siapkan 48 ml air susu formula, untuk pemilihan susu dapat menyesuaikan selera anak dan ibu.

Kemudian cara membuatnya tuangkan wortel dan jagung kukus ke dalam blender yang sudah dibersihkan dan jangan lupa tambahkan air sedikit saja kedalam blender, dan jika telah halus bubur wortel jagung susu dapat segera disaring, serta jangan lupa tuangkan air susus formula kedalam bubur tersebut dan selesai, siap untuk disajikan kepada bayi berusia 6-12 bulan.

Kedua, menu olahan makanan bayi Bubur Bayi Beras Merah Ati Ayam Kampung. Bayi yang telah beranjak usia 6-12 bulan berhak mendapatkan makanan pendamping ASI yang bergizi lengkap dan mudah dikelola setiap saat, tanpa harus menyusahkan orang lain atau diri sendiri. Berikut Resep Olahan makanan bayi untuk Bubur Bayi Beras Merah Ati Ayam Kampung, diantaranya :

Siapkan bahan-bahan untuk membuat olahan makanan bayi bubur bayi beras merah ati ayam kampung, seperti siapkan 3 sdm makan nasi merah yang telah matang dan siapkan 2 potong ati ayam kampung, setalah itu rebus 3 sdm air matang untuk kuah dari olahan menu makanan bubur beras merah ati ayam kampung.

Langkah selanjutnya untuk membuat olahan menu makanan bubur bayi beras merah ati ayam kampung adalah pertama, tuangkan semua bahan yang telah disiapkan kedalam blender dan blender bahan tersebut sampai olahan makanan bayi bubur beras merah ati ayam kampung halus. Kemudian hidangkan bubur beras merah ati ayam kampung kepada bayi berusia 6-12 bulan.

Post a Comment

Post a Comment