ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Trik Stek Cangkok Tanaman Berbuah Lebat, Terbaru Tahun 2020

nikayu.com - Trik Stek Cangkok Tanaman Terbaru, Berbuah Lebat Tahun 2020 | Stek tanaman menjadi alternatif bertani yang efesien dan hasil yang diperoleh sangat maksimal, dibandingkan dengan bertanam dimulai dari penyemaian hingga masa perkembangan tanaman tersebut. karena di era nodern ini bertanam menjadi salah satu gaya hidup yang dibiasakan agar tidak kekurangan pangan dikemudian hari, bercocok tanam dengan metode stek lebih mudah dan cepat dilakukan dan sudah banyak metode ini digunakan oleh para budidaya tanaman, seperti tanaman buah, sayur, atau lainnya, akan tetapi yang sering biasa dialakukan adalah pada tanaman buah. Metode stek dengan trik khusus dapat dipercaya menghasilkan sesuatu yang baru, seperti munculnya bibit baru atau buah yang berlimpah dari hasil stek terbaru di tahun 2020.

Stek Tanaman ?

Stek Tanaman adalah metode stek yang digunakan untuk mempermudah media tanam dengan media stek yang digunakan berupa tanah, sekam bakar atau sabut kelapa lembut dan pasir. Media stek seperti sabut kelapa dapat mempercepat proses penguraian tanaman baru agar muncul akar yang nantinya akan mengahasilkan tunas dari tanaman induk yang distek.

Cangkok Tanaman ?

Cangkok Tanaman adalah metode yang hampir sama dengan stek, akan tetapi metode cangkok hanya dapat dilakukan pada tanaman tertentu dan usia tanaman harus mencukupi agar saat mencangkok dapat menghasilkan bibit baru yang unggul. Kemudian untuk mencangkok lebih mudah dilakukan dari pada menggunakan metode stek.

Tanaman hias juga dapat dijadikan media untuk stek agar menghasilkan bibit baru atau bungan baru dari indukan tanaman hias sebelumnya. cara stek tanaman hias tidak jauh beda dengan steck tanaman pada buah yang biasa dilakukan oleh petani buah, seperti buah bery, buah tomat, buah jambu, buah jeruk, buah mangga, buah manggis, dan masih banyak lagi buah yang bisa dilakukan untuk metode stek.

Cara stek tanaman terbaru tahun 2020 dapat dilakukan dengan berbagai trik agar buah yang di hasilkan dapat berbuah lebat. Trik khusus stek tanaman bisa dilakukan dengan dua cara, yakni, contoh penggunaan tanaman pada stek batang dan contoh penggunaan tanaman pada stek daun. Media batang dan daun dapat dijadikan metode stek tanaman, akan tetapi stek daun disarankan dilakukan pada sore hari, sedamgkan untuk stek batang bisa dilakukan pada pagi atau sore hari. Perbedaan waktu ini dapat berpengaruh degan hasil stek dari tanaman tersebut. Kemudian jangan melakukan metode stek pada siang hari, karena akan menyebabkan tanaman terhambat perkembangan dan pertumbuhannya.

Berikut Trik Terbaru Stek Daun Pada Tanaman, Beserta Langkah-Langkahnya ?

Langkah-langkah stek daun :

Langkah pertama siapkan bahan-bahan untuk melakukan metode stek daun, seperti pemotong daun, plastik, tali, dan pemilihan bibit daun yang baik untuk dijadikan metode stek. Daun yang dipilih harus terlihat segar dan subur, tidak kering atau rusak, serta diameter ukuran daun sebesar 10 cm. Kemudian lakukan pemotongan pada daun yang sudah tua, tanaman baru yang mudah dilakukan stek daun adalah tanaman lidah mertua. Setelah dipotong dengan ukuran 10 cm, tahap selanjutnya sediakan pot yang berukuran kecil yang sebelumnya telah diberikan air agar sirkulasi tanaman baru dapat tumbuh dan berkembang dengan lanca. Setelah itu tanamkan lidah mertua yang telah dipotong ke dalam pot kecil agar muncul tunas baru yang siap untuk digunakan sebagai indukan nantinya.

Berikut Trik Terbaru Cangkok Batang Tanaman, Beserta Langkah-Langkahnya ?

langkah-langkah Cangkok batang :

Langkah pertama, cangkok dapat dilakukan dengan memilih ranting atau pohon yang akan di cangkok, misalnya ada pohon manggis yang dipih haru dalam keadaan subur dan sehat baik batang atau daun. Kemudian pastikan batang tanaman tidak cacat atau rusak, sehingga dalam keadaan cangkok indukan tidak mati, jika batang sudah dipastikan tidak cacat, maka proses cangkok tanaman baru bisa dilakukan.

Langkah Kedua, dalam memilih batang manggis yang ingin dicangkok harus berukuran diameter sekitar 1-2 cm agar batang tidak mengalami overload, jika melebihi dari ukuran standar tanaman baru. Kemudian potonglah ujung kulit pada cabang dengan panjang ukuran batang sebesar 31 cm dan lebar 3 cm. Setelah proses pemotongan selesai, maka diamkan selama 2 bulan sampai cabang terlihat kalus dan menjadi bibit tanaman.

Trik cangkok tanaman terbaru agar dapat berbuah, harus diberikan hormon tambahan guna mempercepat pertumbuhan dan perkembangan buah. Trik pemberian hormon dengan metode celup akan lebih efektif dilakukan, yakni dengan cara melarutan hormon kristal dalam alkohol, kemudian campurlah dengan air. Jangan lupa dalam proses pencampuran dilkukan dengan takaran yang cukup agar hasil yang didapatkan maksimal.

Post a Comment

Post a Comment