ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Trik Budidaya Ikan Gurame Jumbo Terbaru, Cepat Besar | 2020

nikayu.com - Trik Budidaya Ikan Gurame Jumbo Terbaru Cepat Besar 2020 | Ikan gurame sering dibudidayakan oleh peternak ikan, karena ikan gurame memiliki harga yang fantastic dan merawat ikan gurame bisa dibilang gampang-gampang susah. Jika tidak dipelajari dengan sungguh-sungguh dalam membudidaya atau ternak gurame dapat berakibat gagal, sehingga peternak budidaya ikan gurame harus memiliki trik jitu budidaya dan merawat ikan gurame agar dapat menghasilkan ikan gurame jumbo. Ikan gurame biasanya dibudidayakan disawah, atau dikolam yang berukuran besar dan lebar agar ikan gurame dapat berkembang dan tumbuh dengan cepat dan besar.

Budidaya atau ternak ikan gurame bisa dilakukan ditempat mana saja dengan ukuran kolam yang bervariasi tidak berpatokan dengan ukuran kolam yang besar, akan tetapi untuk mengahasilkan ikan gurame jumbo perlu tempat yang besar dan luas agar pertumbuhan ikan gurame maksimal dan terkontrol setiap saat. Bagi pemula yang ingin budidaya atau ternak ikan gurame diperlukan trik yang jitu agar perwatan ikan gurame bisa teratasi dengan baik sampai masa panen tiba, karena biasanya ikan gurame memerlukan kejelian untuk merawat benih-benih gurame yang masih dalam pembenihan.

Budidaya ikan gurame bisa dilakukan di tiga tempat, yakni budidaya ikan gurame di kolam terpal, budidaya ikan gurame di kolam kecil, dan budidaya ikan gurame di kolam tembok. Tempat budidaya ikan gurame yang tepat memiliki kondisi lingkungan yang baik, serta kondisi air yang memadai agar ikan gurame tidak stress akibat kondisi tempat yang tidak sesuai atau tidak layak.

Bibit gurame yang berumur dua minggu lebih baik diletakkan di tempat kolam yang kecil agar perawatan kolam dan ikan tidak terlalu overload, masa pembenihan ikan gurame harus dipilih dengan kualitas benih ikan lele yang terbaik agar menghasilkan bibit benih ikan gurame. Masing-masing bibit benih ikan gurame yang dibudidayakan memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga peternak pemula yang ingin membudidayakan ikan gurame berukuran jumbo harus benar-benar selektif dalam memilih bibit agar dapat menghasilkan ikan gurame jumbo.

Berikut trik pemilihan jenis bibit ikan gurame jumbo dan besar di tahun 2020 :

Bibit ikan Gurame Soang menjadi salah satu bibit ikan gurame jumbo yang beratanya mencapai 720 gram pada umur 12 bulan atau satu tahun. Trik memilih bibit ikan gurame jenis ini adalah pilih bibit yang memiliki tirisan sirip tebal pada ikan gurame, karena ikan jenis tersebut lebih tahan dengan penyakit, serta banyak yang memilih ikan gurame jenis soang untuk dijadikan olahan masakan rumah makan.

Bibit jenis Gurame Jepang termasuk dalam jenis ikan gurame jumbo yang banyak dipilih oleh peternak ikan gurame untuk dibudidayakan, yakni untuk trik memilih bibit benih ikan gurame adalah pilihlah ikan gurame yang memili sirip dengan ketebalan dan berwarna hitam agar bibit ikan lebih mudah berukuran jumbo dan tidak mudah mati jika kondisi air yang keruh, kemudian untuk berat ikan gurame jenis ini berat mencapai 4 sampai 5 kilogram per ekornya.

Bibit ikan Gurame Porselin lebih sedikit rendah digunakan untuk budidaya atau ternak, karena ikan gurame jenis ini memiliki tekstur yang sangat mencolok dan ukuran yang kurang memadai, akan tetapi jenis ikan gurame porselin masih diminati untuk dibudidayakan dengan trik khusus agar menghasilklan berat yang lebih bahkan melebihi dari rata-rata berat ikan gurame jenisnya. Karena ikan gurame porselin berukuran berat rata-rata mencapai 1,7 sampai 2 kilogram.

Harga pakan ikan guramen untuk membudidayakan dalam satu kolam besar, membutuhkan 40 kg pakan selama seminggu agar ikan gurame dapat cepat tumbuh dan berkembang. Kemudian pencampuran pakan kimia dengan pakan alami sangat diperlukan, seperti daun, atau ampas tahu yang baik untuk digunakan ikan gurame selagi tahap pembibitan.

Harga ikan gurame yang dipatok oleh peternak sangat bervarisi dan tergantung dengan ukuran masing-masing ikan gurame. Semakin besar dan jumbo ikan gurame, maka semakin mahal ikan gurame tersebut, bahkan sekali panen ikan gurame dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari dan bisa dijadikan asset untuk membudidayakan ikan lannya.

Post a Comment

Post a Comment