ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Spesial Hari Hutan Indonesia, 2 Misteri Hutan Tropis | Agustus 2020

nikayu.com - Spesial Hari Hutan Indonesia, 2 Misteri Hutan Tropis | 7 Agustus 2020, Hutan menjadi salah satu tempat yang penting bagi keberlangsungan hidup, baik fauna, flora maupun manusia yang faktanya kini masih banyak hutan yang dirambah atau dijadikan ladang bisnis bagi penguasa atau investor yang ada di Indonesia. Spesial hari hutan indonesia akan mengulas sedikit tentang seberapa pentingnya hutan bagi kehidupan makhluk hidup.

Salah satu hutan yang dimiliki oleh Indonesia adalah hutan hujan tropis dengan keindahan dan keasrian hutan hujan tropis sangat cocok untuk dijadikan tempat tinggal flora dan fauna yang sangat beragam jenisnya di Indonesia yang tersebar diberbagai sisi hutan, terutama hutan hujan tropis yang menyimpan sedikit misteri yang belum terungkap hingga sekarang.

Misteri apa yang terdapat di hutan hujan tropis akan dibahas pada hari spesial hutan Indonesia pada tanggal 7 Agustus 2020. Kawasan hutan hujan tropis menjadi salah satu asset Indonesia yang sangat berharga, karena hutan hujan tropis menyimpan misteri keindahan yang belum banyak orang Indonesia ketahui. Padahal hutan hujan tropis memilki flora dan fauna yang unik dan sangat langka untuk dilestarikan agar tidak punah atau dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Hutan Hujan Tropis ?

Hutan Hujan Tropis Indonesia adalah hutan yang memiliki ekosistem yang ditandai dengan curah hujan yang tinggi dan memiliki kenopi yang lebat, serta beragam spesies yang langka, baik flora maupun fauna. Hutan hujan tropis mengalami perkembangan setiap tahunnya, mulai dari perkembangan iklim maupun cuaca yang dapat mengakibatkan berlangsungnya kehidupan flora dan fauna di hujan hutan tropis Indonesia.

Hutan hujan tropis menjadi momen yang baik di spesial hari hutan Indonesia pada tanggal 7 agustus 2020, yakni salah satu bagian keajaiban dunia yang dimiliki oleh indonesia, sehingga sudah sepatutnya generasi milinel menjaga hutan huan tropis dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, terutama keberlangsungan hidup flora dan fauna yang langka di hutan hujan tropis Indonesia.

Letak hutan hujan tropis di Indonesia sangat strategis, karena terletak pada zona khatulistiwa yang memiliki garis lintang dengan suhu hangat dan biasanya akan mengalami suhu stabil. Selain di Indonesia hutan hujan tropis berada di lembah amazon amerika yang letaknya sangat jauh dari indonesia.

Perlu diketahui di hari spesial hutan Indonesia harus memaknai pentingnya hutan, khusunya hutan hujan tropis, karena hutan hujan tropis memberikan kontribusi yang sangat banyak bagi ekologis keberlangsungan hidup manusia, seperti kelebihan hutan hujan tropis adalah mampu mensubsidi ratusan triliun karbon yang dapat melindungi dari banjir atau kekeringan pada musimnya. Kemudian membuat tanah menjadi teratur atau stabil, serta huta hujan tropis dapat mengatur curah hujan yang nantinya dengan curah hujan tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan makhluk hidup, seperti mengairi sawah, kebun, dan lain-lain.

Pada Hari Spesial Hutan Indonesia 7 Agustus 2020 akan menelisik lebih jauh misteri hutan indonesia yang belum terungkap sampai sekarang, terutama pada hutan hujan tropis Indonesia, diantaranya :

Pertama, misteri hutan hujan tropis terdapat pada pohon yang unik, karena pohon pada hutan hujan tropis indonesia memiliki struktur yang terdiri dari lapisan vertikal pohon, antara lain kanopi (tajuk), lapisan bawah, lapisan semak, dan permukaan tanah. Dari bagian-bagian tersebut terdapat pohon yang hidup sampai jutaan tahun yang lalu dan masih ada sampai sekarang, sehingga pohon tersebut membentuk kanopi yang unik dan langka, serta hampir menutupi permukaan tanah dan kehidupan makhluk yang ada dihutan hujan tropis indonesia.

Kedua, misteri hutan hujan tropis terdapat pada beragamnya jenis hayati. Hutan hujan tropis memiliki keaneragaman hayati dengan persentase yang sangat besar, sehingga sangat baik terhadap hehidupan satwa atau fauna yang berkembang biak di hutan hujan tropis. Kanopi yang lebat dan besar mampu memberikan perlindungan makhluk hidup yang mendiami hutan hujan tropis. Dengan demikian spesies yang berkembang di hutan hujan tropis akan lebih aman dan semakin lama akan bertambah, sehingga akan menurunkan spesies yang akan punah.

Post a Comment

Post a Comment