ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Filosofi Desain Uang Baru Rp75.000, HUT RI Ke 75 oleh BI

NIKAYU.COM - Filosofi Desain Uang Baru Rp75.000, HUT RI Ke 75 oleh Bank Indonesia | Bank Indonesia membuat masyarakat terkejut dengan mengeluarkan desain uang baru yang diliris pada kemerderkaan republik Indonesia yang ke 75 tahun 2020. Uang baru dengan desain yang eklusif dan dinamis membuat bangsa Indonesia bangga akan kehadiran uang baru yang diluncurkan Bank Indonesia dengan nominal uang baru sebesar Rp. 75.000.

Bank Indonesia sengaja menghadiahkan uang baru dengan desain yang masih belum final membuat masyarakat Indonesia bertanya-tanya, kapan desain uang baru bernominal Rp.75.000 beredar dan menjadi nilai tukar suatu barang yang falid, karena menurut desain uang baru yang beredar saat ini pada HUT RI Ke 75 memiliki filosofi yang baik dan mendalam maknanya, sehingga sangat diharpakan uang baru dengan nominal Rp. 75.000 dapat memudahkan masyarakat sebagai alat tukar yang sah.

Peluncuran uang baru telah lama dilakukan oleh Bank Indonesia pada HUT (Hari Ulang Tahun) RI sejak tahun 1970, yakni pada tahun tersebut Bank Indonesia menerbitkan uang baru yang secara khusu di luncurkan pada HUT RI dengan jumlah nomial 200 sampai Rp 25.000. Perlu diketahui bank Indonesia meluncurkan uang khsuus memiliki makna filosofi yang kuat agar berkesan dan menjadi moment yang berarti bagi bangsa Indonesia. Pada 25 tahun sekali Bank Indonesia meluncurkan uang baru pada tahun 1995 dengan nominal Rp300.000 dan Rp850.000. disertai filosofi yang terkandung pada desain uang baru tersebut, karena setiap desain uang baru yang dikhususkan pada HUT RI menjadi desain yang paling istimewa untuk bangsa Indonesia.

Hal yang sama terjadi pada peluncuran desain uang baru dengan nominal Rp. 75.000 sangat memiliki filosofi yang mendalam terkait bangsa Indonesia, karena pada desain uang baru pada HUT RI Ke 75 menggambarkan filosofi, bahwa tampak wajah sang bapak ploklamator Inodnesia, yakni Bapak Soekarno dan Bung Hatta sebagai presiden RI pertama, desain uang baru dengan nominal Rp.75.000 bergambar presiden RI yang ke satu sangat tepat. Selain itu disamping Soekarnao-Hatta dilengkapi dengan baground latar yang menarik untuk dilihat dan dimaknai filosofinya, yakni terdapat kereta api dan pengibaran bendera saat Proklamasi Kemerdekaan 1945.

Kemudian untuk baground belakang dari desain uang baru Rp 75.000 bergambarkan ragam Indonesia yang terdiri dari suku, budaya, dan adat di Indonesia, beta beragam sekali perbedaan yang ada di Indonesia dan disatukan oleh kesatuan Republik Indonedia dari sabang sampai marauke, tetap satu yakni Indonesia, serta baground belakang dari desain uang baru terdapat gambar satelit dan batik yang mana batik sebagai ciri khas Indonesia, karena banyak sekali jenis batik yang tersebar di Indonesia.

Dengan demikian Bank Indonesia secara resmi akan mengumukan desain uang baru dengan nominal Rp75.000 di youtube resmi Bank Indonesia yang secara langsung akan disampaikan oleh menteri keuangan sri mulyani dan gubernur BI tepat saat HUT RI Ke 75.

Apa sih, arti filosofi ?

Filosofi dari desain uang baru Rp 75.000 pada HUT RI Ke 75 ?

Desain uang baru dengan nominal Rp. 75.000 yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia pada HUT RI Ke 75 memiliki filosofi yang mendalam dan sangat berarti untuk keberlangsungan bangsa Indonesia, karena melihat dari desain uang baru yang bergambar bapak presiden dan wakil presiden RI Ke satu memiliki filosofi bahwa bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang kuat, bertekad, menjadi pembuka, menjadi permulaan lembaran baru, dan bersatu untuk menjaga NKRI agar tetap utuh. Kemudian selalu tetap bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan ke bangsa Indonesia atas kemerdekaan. Selain itu terdapat pasukan Pengibaran Bendera yang sedang mengibarkan sang saka merah putih saat 17 Agustus 1945.

Kemudian filosofi yang kedua ada pada bagian belakang, yakni desain uang baru degan nominal Rp. 75.000 diluncurkan pada HUT RI Ke 75 terdapat gambar dengan filosofi sebagai berikut: gambar wajah anak nusantara menfilosofikan keragaman NKRI bahwa bangsa Indonesia memiliki suku, adat, dan budaya yang beragam, serta tersebar diberbagai pelosok negeri Inonesia dari sabang sampai marauke yang artinya melalui keberagaman ini bangsa Indonesia harus memperteguh Kebinekaan dan selalu menjaga NKRI tetap utuh.

Catatan: Masyarkat Indonesia dapat menukarkan uang baru dengan desain baru yang diluncurkan pada HUT RI Ke 75 pada tahap 1 yakni tanggal 17 Agustus 2020 sampai dengan 30 September 2020, kemudain masyarakatIndonesia dapat menukarkan lagi pada tahap 2, yakni tanggal 1 Oktober 2020 sampai dengan selesai penukaran uang baru bernominal Rp. 75.000 dengan desain baru begambar presiden RI ke 1. Penukaran uang baru dapat ditukarkan di masing-masing Kantor Pusat Bank Indonesia yang ada diseluruh provinsi Indonesia baik kota maupun kabupaten di daerah masing-masing.

Referensi: https://jogja.tribunnews.com/2020/08/17/uang-baru-hut-ke-75-republik-indonesia-begini-filosofi-desain-bahan-uang-peringatan-kemerdekaan.

Post a Comment

Post a Comment