ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Cara Sehat Makan Daging Qurban, Terbukti Kolesterol Turun

nikayu.com - Cara Sehat Makan Daging Qurban, Terbukti Kolesterol Turun | Daging qurban menjadi olahan masakan daging yang dapat dinikmati oleh umat muslim, ketika hari raya Idul Adha dengan aneka resep masakan daging yang bermacam-macam, mulai dari sate daging, gulai, rendang dan olahan masakan daging lainnya yang dapat diolah pada hari raya qurban atau Idul Adha. Akan tetapi makan daging dengan berlebihan dapat membuat kolesterol naik, karena daging sangat rentan membuat koresterol naik, jika dikonsumsi terlalu banyak dan berlebihan.

Cara sehat makan daging qurban dengan mengolahnya secara tepat dan tidak berlebihan, maka dapat membuat kolesterol turun, serta terbukti orang yang mengkonsumsi daging qurban dengan sayuran atau buah dapat membuat koresterol turun, sehingga bagi yang memiliki kolesterol tinggi tidak perlu khawatir untuk makan daging qurban. Makan daging qurban dengan sayuran, seperti tomat, labu siam, bawang bombai, atau sayur lainnya yang menjadi pendamping daging dapat membuat kolesterol turun.

Daging qurban yang diolah menjadi masakan gulai atau rendang sangat rentan menyebabkan kolesterol naik, karena lemak yang dihasilkan dari masakan rendang dan gulai lebih kental yang disebabkan adanya santan dari kelapa yang mengental. Maka dari itu apabila ingin makan rendang atau gulai saat hari raya qurban, masakan harus diimbangi dengan sayuran dan buah untuk mengantisipasi kolesterol yang naik akibat dari lemak yang banyak pada masakan rendang dan gulai.

Cara makan daging dengan mengolah menjadi sate dapat meminimalisir terjadinya kenaikan kolesterol, karena dengan daging dibakar akan menurunkan kadar lemak atau minyak pada daging, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi dengan tidak berlebihan dan secukupnya saja. Makan daging dengan satu kali makan lebih baik dengan makan daging secara gulai atau rendang. Mengapa demikian makan daging yang lebih baik dimasak dengan cara di sate, karena zat-zat berbahaya seperti lemak dan minyak akan berkurang dengan cara di bakar sampi berubah menjadi kemerahan agak kehitaman. Sedangkan makan daging denga cara digulai, disop, atau di rendang lemak akan terus mengendap dan berubah menjadi lemak yang menggumpal. Hal tersebut yang menyebabkan kolesterol naik dan butuh waktu lama jika sudah terkena kolesterol untuk memulihkannya.

Cara makan daging yang baik harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat dan teratur, jangan sesudah makan daging pola hidup tidak dijaga, sehingga yang terjadi akan mengakibatkan kolesterol naik. Momen idul adha atau hari raya qurban harus dijadikan pelajaran yang berharga untuk selalu bersyukur dan terus menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga, setelah mengkonsumsi daging qurban agar tubuh tetap dalam keadaan sehat dan vit. Apabila kebiasaan ini dapat dilakukan dengan baik di kehidupan sehari-hari, maka akan terbukti dapat menurunkan kolesterol dan tubuh tetap sehat.

Tips Sehat Makan Daging Tanpa Khawatir Kolesterol Naik Saat Hari Raya Qurban Atau Idul Adha ?

Minum Air Putih Secukupnya atau Lebih

Pertama, cara makan daging yang sehat harus diimbangi dengan memperbanyak minum air putih, setelah makan daging qurban agar daging yang makan dapat larut bersama air putih yang diminum. Minum air putih yang banyak dipercaya dapat membersihkan lemak-lemak yang menempel diusus, sehingga lemak akan terdorong keluar bersamaan air putih yang telah diminum.

Makan Daging Qurban Sebelum Tidur

Kedua, cara makan daging qurban yang sehat dilakukan sebelum tidur, yakni makan daging qurban pada jam 7 sampai jam 8 malam atau bisa dilakukan 3 sampai 4 jam sebelum tidur, karena waktu tersebut dapat menetralisir penumpukan lemak jahat pada tubuh, sehingga akan menyebabkan penyakit lainnya selain kolesterol, yakni diabetes, darah rendah dan menyebabkan tidur tidak teratur atau menurun.

Daging dan Lemak harus dipisah

Ketiga, cara makan daging qurban yang sehat adalah lemak dan daging harus dipisah, janngan sampai lemak menempel pada daging, karena dapat memicu kolesterol tinggi saat makan daging yang bercampur lemak. Daging yang terpisah dari lemak dapat memudahkan mengkonsumsi daging tersebut, karena lemak dapat menyebabkan daging terasa alot atu belum matang merata. Sehingga cara makan daging qurban yang sehat dan terbukti kolesterol turun, yakni dengan memisahkan lemak dan daging pada daging qurban.

Air Hangat Dapat Menurnkan Kolesterol

Keempat, memperbanyak minum air hangat dapat menetralisir racun lemak pada daging qurban, sehingga disarankan dan diwajibkan setelah mengkonsumsi daging qurban harus minum air putih hangat sebanyak tiga gelas, bahkan jika mau tidur disarankan untuk minum air hangat sebanyak dua gelas dan untuk pagi disarankan minum air putih hangat sebanyak dua gelas.

Berilah Sayur dan Buah Sebagai Pendamping Daging

Kelima, cara makan daging qurban yang sehat adalah dengan menambahkan sayuiran dan buah pada masakan rendang atau gulai agar kolesterol dapat diminimalisir oleh sayuran dan buah, seperti tomat, bawang putih, bawang bombay, bawang merah, dan sayuran lainnya yang masih banyak lagi sebagai pendamping masakan daging qurban, agar kolesterol tidak naik dan berangsur turun. Walaupun makan daging setiap hari dari daging qurban pada hari raya idul adha.

Post a Comment

Post a Comment