ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Resep Rendang Herbal, Masakan Daging Sehat Saat Idul Adha | Baru

nikayu.com - Resep Rendang Herbal, Masakan Daging Sehat Saat Idul Adha | Resep Masakan rendang herbal sangat cocok digunakan untuk membuat rendang pada hari raya idul adha, karena mayoritas masyarakat banyak mendapatkan daging sapi atau kambing dari hari raya idul adha. Idul adha menjadi moment berharga umat muslim untuk menyedekahkan sebagian harta yang dimiliki untuk berkurban. Hewan qurban terdiri dari unta, sapi, kambing, dan kerbau yang benar-benar dalam keadaan sehat dan memiliki surat keterangan sehat dari dokter hewan atau dinas terkait, jika hewan tersebut dibeli dari pasar hewan atau mall hewan yang menjual berbagai hewan qurban. Apabila hewan qurban dibeli dari pertenak kambing atau sapi harus diperhatikan hewan qurban yang memiliki fisik sehat untuk dijadikan hewan qurban pada saat hari raya idul adha.

Hewan qurban biasanya disembelih pada saat hari raya idul adha, tapi ada juga yang disembelih setelah idul adha, karena keadaan yang tidak memungkinkan untuk menyembelih pada hari raya atau hewan qurban terlalu banyak. Setelah disembelih hewan qurban akan dilakukan pembagian daging qurban secara merata kepada masyarakat untuk menikmati daging sapi atau kambing yang disembelih dari hewan qurban, dan biasaya daging hanya dapat dinikmati pada acara-acara tertentu bagi seseorang yang berkecukupan.

Sebagian orang memilih untuk memasak daging hewan qurban dengan resep rendang yang memiliki lemak atau minyak yang sangat banyak, sehingga mengakibatkan korestol atau diabetes setelah memakan olahan daging rendang, akan tetapi untuk resep rendang herbal yang dimasak dengan resep bumbu rendang herbal dapat mengurangi kecemasan kita untuk menyantap masakan rendang.

Olahan masakan daging rendang dengan bumbu herbal saat idul adha dapat mengurangi resiko korestol yang tinggi, karena bumbu rendang herbal disebut menjadi pilihan alternatif pecinta masakan rendang dengan cita rasa resep herban yang khas dengan penambahan racikan rempah bumbu dapur yang dapat menurunkan kadar korestol saat memakan masakan rendang. Biasanya rendang dibuat dari olahan daging sapi dan kambing atau juga bisa dari daging kerbau dengan cara memasak yang berbeda, ada yang dimasak dengan cara di presto agar mendapatkan tekstur masakan daging rendang yang empuk dan ada yang langsung dimasak langsung ditungku tanpa dipersto.

Resep masakan daging qurban saat idul adha tidak hanya masakan rendang, tetapi bisa dijadikan sate atau gulai yang dimasak dengan resep bumbu daging herbal. Memasak daging dengan bumbu herbal disebut sebagai jamu untuk meminimalisir resiko pada penderita korestol, asam urat, atau diabetes.

Berikut salah satu olahan daging qurban pada saat idul adha yang populer di masyarakat, yakni olahan resep masakan rendang herbal dengan daging sapi dan kambing :

Pertama, Daging kambing atau sapi yang sudah dibersihkan dan diberikan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau prengus, amis, dan penguk bisa diberikan jeruk nipis secukupnya. Kemudian siapkan bahan-bahan resep bumbu herbal yang akan dijadikan rendang pada daging qurban, yakni :

Bahan-Bahan Resep Herbal Masakan Daging Rendang Idul Adha :

Siapkan, 250 gram daging sapi, 2 lembar daun salam, 1 lembar daun jeruk, 1 batang serai, 1 lembar daun bawang, 2 liter air, 3 sdm kecap manis, 1 buah tomat dan iris kotak, Garam halus secukupnya, sediakan Cabai sesuai selera bisa pedas atau sedang, dan terakhir sediakan Minyak sayur untuk menumis agar bisa dimasak rendang. hehe

Bahan-Bahan Bumbu Resep Herbal Masakan Daging Rendang Idul Adha :

Sediakan 6 buah bawang merah, lalu sediakan 3 buah bawang putih, sediakan 1 cm jahe merah, kemudian 1 cm kunyit, dan 3 buah kemiri, serta sediakan ½ sendok teh merica bubuk

Berikut Cara memasak Daging Rendang Herbal Idul Adha :

Langkah pertama agar bumbu resep herbal meresap dengan sempurna kedalam daging, maka Potong dadu daging sapi secara rapih, setelah itu haluskan bahan-bahan bumbu herbal dengan cobek agar halus secara merata dan masakan nampak sedap, kemudian tumis bumbu yg dihaluskan lalu masukkan serai, daun salam, daun bawang dan tidak lupa masukkan daun jeruk. Kemudian tambahkan cabai sesuai selera agar rendang herbal terasa pedas.Beberapa menit kemudian ketika bumbu herbal sudah tercium harum masukkan daging sapi, aduk rata, jangan lupa masukkan kecap dan garam untuk mengentalkan daging dan menambah nikmatnya rendang herbal. Setelah itu, masukan air secara perlahan dan di aduk hingga merata. Tunggu sampai kondisi air menyusut dan tidak lupa untuk memasukkan irisan tomat. Sambil menunggu matang, rendang herbal terus diaduk hingga air menyusut dan bumbu meresap ke daging herbal, serta taburkan bawang goreng untuk menambah cita rasa masakan rendang herbal idul adha.

Post a Comment

Post a Comment