ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

3 Amalan Utama Puasa Tasu'a dan Asyura 1442 H, Niat Lengkap

nikayu.com - 3 Amalan Utama Puasa Tasu'a dan Asyura 1442 H, Niat Lengkap | Puasa Tasu'a dan Asyura 1442 H yang paling utama adalah niat, karena dengan niat melaksanakan puasa sunah di bulan Muharram 1442 H atau Tahun Baru Islam akan memperoleh banyak keistimewaan dari puasa sunnah di bulan Muharram. Puasa Tasu’a dam Asyura yang terdapat pada bulan Muharram mengingatkan peristiwa perjalanan atau hijrah nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah.

Beberapa amalan utama yang ada di bulan Muharram 1442 H sering dilakukan oleh umat muslim, salah satunya menunaikan ibadah puasa sunah Tasu’a dan Asyura. Bulan Muharram termasuk kedalam bulan yang suci dalam kalender islam dan telah dijelaskan oleh Allah SWT dalam al-quran, yakni

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS. At-Taubah: 36)

Empat bulan haram yang dimaksud dalam ayat tersebut, yakni bulan Muharram 1442 H, bertepatan pada bulan Agustus 2020, diharapkan pada bulan Muharram ini memperbanyak amalan kebaikan agar tidak menyesali keistimewaan atau keutamaan dari bulan Muharram, karena tidak sedikit dari umat Islam di dunia ini yang berlomba-lomba mencari amalan utama dan kebaikan di bulan Muharram 1442 H, yakni mulai dari dzikir, sholawatan, puasa sunah Tasu’a dan Asyura, sedekah, dan masih banyak lagi amalan yang paling utama di bulan Muharram tahun 1442 H.

Puasa Sunah Tasu’a ?

Puasa Sunah Tasu’a adalah puasa sunah yang ditunaikan oleh umat islam pada bulan Muharram 1442 H yang pelaksanaannya sebelum hari 10 Muharram atau yang dilaksanakan pada 9 Muharram dengan mendapatkan keutaaman amalan dari puasa Tasu’a, karena puasa Tasu’a hanya ada pada bulan Muharram dan untuk melaksanakan puasa Tas’ua diawalani dengan niat sungguh-sungguh agar puasa sunah Tasu’a pada bulan Muharram 1442/2020 dapat berjalan dengan baik.

Puasa Sunah Asyura ?

Puasa Sunah Asyura adalah puasa sunah yang ditunaikan oleh umat islam pada bulan Muharram 1442 H yang pelaksanaannya pada hari ke sepuluh bulan Muharram dalam kalender hijriyah. Puasa Asyura diklasanakan setelah puasa sunah Tasu’a, kedua puasa ini sangat disarankan untuk dikerjakan, walaupun itu sunah. Karena terdapat amalan utama yang menjadi pahala buat yang menunaikan ibadah puasa sunah Asyura atau Tasu’a di bulan Muharram 1442 H.

Niat Puasa Asyura

Artinya: Saya berniat puasa hari asyura sunah karena Allah ta’ala atau niat insun puasa sunah Asyura esok hari dibulan Muharram 1442 H karena Allah Swt. Aminnnn

3 Amalan Puasa Sunah Tasu’a dan Asyura di bulan Muharram 1442 H ?

Ada beberapa amalan utama yang dapat diperoleh dari puasa sunah Tasu’a dan Asyura, jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan mengharpakan ampunan serta ridho, maka akan dipermudah segala urusan didunia dan di akhirat, yakni

Pertama, memperbanyak sholat sunnah, misalnya shalat sunah dhuha, shalat sunah rawatib, shalat sunah rawatib, shalat sunah malah atau tahajud, atau shalat sunah lainnya yang dapat membuat kita meperoleh pahala yang berlimpah dengan mengerjakan amalan-amalan utama pada puasa sunah Tasu’a dan Asyura di bulan Muharram 1442 H

Kedua, Sedekah. Amalan utama satu ini yaitu sedekah mampu memberikan jawaban disetiap masalah yang terjadi dalam diri kita, karena dengan bersekah dibulan Muharram 1442 H dan dalam keadaan melaksanakan Puasa Tasu’a dan Asyura, insyallah akan memperoleh pahala yang berlipat, serta rezeki dipermudah oleh Allah SWT.

Ketiga, Berdzikir dan Berbuat baik kepada keluarga. Berdzikir menjadi hal yang rutin dilakukan saat shalat khususnya dan lebih baik dilakukan setiap saat pada bulan Muharram, terutama saat menunaikan Puasa Tasu’a dan Asyura, kemudian diharuskan pada bulan Muharram 1442 H bersikap baik kepada keluarga, baik orang tua, anak dan keluarga lainnya agar keutamaan ibadah di bulan Muharram lebih lengkap.

Karena, amalan yang utama tersebut dikerjakan secara sungguh-sungguh akan memperoleh keutamaan pahala yang luar biasa, yakni jika menunaikan puasa ‘Asyura allah akan menghapus dosa selama satu tahun. Hadist yang diriwayatkan oleh Imam An-Namawi, Rasulullah bersabda yang artinya: “Puasa Asyura aku memohon kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu.” Kemudian akan memperoleh pahala yang sama sepanjang tahun puasa. Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Mengerjakan puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun. (HR. Bukhari). Dengan demikian artikel diatas membahas betapa banyaknya pahala yang didapatkan dari menjalankan amalan utama Puasa Tasu'a dan Asyura 1442 H di bulan Muharram.

Wallahua’lam bis showab.

Post a Comment

Post a Comment