ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Wisata Pulau Pasaran Lampung, Raup Untung Dari Bisnis Ikan Asin

nikayu.com - Wisata Pulau Pasaran Lampung, Raup Untung Dari Bisnis Ikan Asin. Wisata pulau pasaran menjadi salah satu destinasi wisata yang berkecimpung dalam bisnis ikan asin dan menjadi sentra bisnis ikan asin terbesar se-sumatera bahkan se-Indonesia. Aktivitas dari masyarakat pulau pasaran kebanyakan dilut berprofesi sebagai nelayan dan menjual hasil tangkapannya keluar wilayah atau sebagai oleh-oleh khas pulau pasaran, karena pulau pasaran hampir dihari libur banyak seseorang dari luar daerah atau wilayah Lampung yang berkunjung ke pulau pasaran untuk menikmati destinasi wisata dengan belajar dari bisnis ikan asin.

Bisnis ikan asin di pulau pasaran banyak digemari oleh masyarkat pulau pasran, karena kebanyakan pendapatan masyarkat pulau pasaran berasal dari penjualan ikan asin, bahkan dari bisnis ikan asin ini dijadikan tempat edukasi wisata akan pengelolaan ikan asin dan pendistribusian ikan asin. Sehingga sangat wajar pulau pasaran dijadikan wisata yang dapat mengedukasi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pasaran.

Dipulau pasaran pengunjung dapat menikmati panorama keindahan laut dan ombak, serta tanaman bakau dari atas jembatan harapan. Jembatan harapan ini sebagai sebutan masyarakat pulau pasaran yang mengartikan sebagai suatu harapan besar untuk memperoleh kesuksesan dan kelancaran dari adanya jembatan ini, karena jembatan ini satu satunya penghubung antara pulau dan kota bandar Lampung yang jaraknya kurang lebih 10 km dengan membentang luas dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda ruda untuk melewati jembatan ini.

Tempat Wisata pulau pasaran yang sering menjadi primadona pengunjung jika berkunjung ke pulau pasaran selain sentra ikan asin, yakni jembatan harapan. Biasannya pengunjung mengabadikan moment matahari terbenam dari atas jembatan sembari menikmati angin sore yang sepoi-sepoi dan hamparan tanaman bakau yang membentang luas, sehingga nampak masih terjaga keasrian alamnya, walaupun sekitar tempat wisata terdapat banyak sampak plastik yang berserakan dimana-mana, bahkan sepanjang jalan menuju pulau pasaran terdapat sampah menumpuk.

Hal ini sangat disayangkan,karena sebagai sentra penghasil ikan asin dan sebagai wisata yang mengedukasi cara pembuatan ikan asin serta pengelelolaan ikan asin sudah seharusnya untuk tata lingkungan wisata pulau pasaran terjaga dan tak tersemari dengan limbah sampah pelastik. Karena letak wisata pulau pasaran berada di ujung Teluk Lampung, khusunya di tepi kota Bandar Lampung dengan jumalah masyarkatnya sebanyak 140 kepala keluarga, serta untuk lus wisata pulau pasaran kurang lebih sebesar 8 hektare.

Pengunjung wisata pulau pasaran apabila ingin menikmati disetiap sudut pulau bisa mengajk salah satu warga yang sedang menjemur ikan asin didekat jembatan. Karena dipulau pasaran hampir setiap hari masyarakat pulau pasaran menjemur ikan asin hasil tangkapan para nelayan di depan jembatan harapan. Suasana ini bisa dijadikan moment wisata anda yang dapat diabadikan melalui foto dengan baground foto nampak masyarakat pulau pasaran sedang menjemur ikan asin didepan jembatan harapan pulau pasaran.

Jika pengunjung ingin merasakan sensasi memancing di pulau psaran, pengunjung bisa ikut memancing dengan anak-anak pulau pasaran yang terbiasa memancing didekat jembatan harapan dan biasa dilakukan menjelang pagi atau menjelang sore, karena ikan masih dalam keadan lapar, heehheh. Sensasi memancing ini sangat menyenangkan untuk dilkukan sembari berwisata di pulau pasaran dan memperoleh ikan umtuk dibakar bersama masyarkat pulau pasaran.

Paket wisata di pulau pasaran sangat lengkap mulai dari edukasi dalam berbisnis ikan asin hingga wisata dengan menikmati matahari terbenam atau terbit dari jembatan harapan pulau pasaran, maka dari itu tak heran masyarakat pulau pasaran raup untung dari bisnis ikan asin dan pengunjung yang hendak berwisata di pulau pasaran sembari belajr cara bismis ikan asin dengan meraup untung yang berlimpah.

Post a Comment

Post a Comment