ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

3 Prosedur Ibu Hamil Di Masa New Normal Saat Persalinan

nikayu.com - 3 Prosedur Ibu Hamil Di Masa New Normal Saat Persalinan. Beberapa prosedur ibu hamil yang harus diperhatikan saat akan melakukan persalinan di masa new normal. Mengapa ibu hamil perlu berhati-hati dalam menjaga kesehatan antara ibu dan bayi di masa pandemi covid-19 ini ? Karena ibu hamil sangat rentan akan bahaya covid-19 yang mudah menular melalui seseorang atau benda yang tidak sengaja tersentuh oleh ibu hamil, sehingga ibu hamil harus benar-benar menjaga pola hidup sehat saat masa new normal ini. Walaupun masa new normal telah diperbolehkan beraktivitas diluar rumah, akan tetapi harus tetap memperhatikan protokol kesehatan agar keselamatan ibu hamil tetap terjaga.

Perlu adanya prosedur yang mengatur ibu hamil di masa new normal dalam melakukan aktivitas diluar rumah atau dalam menghadapi persalinan yang harus dilakukan di rumah sakit dan tentunyanya rumah sakit berpeluang besar dalam menularkan virus, sehingga sangat diperlukan sekali prosedur ibu hamil di masa new normal saat menghadapai persalinan jika sudah waktunya, agar ibu hamil tidak khawatir dan proses persalinan berjalan dengan lancar.

Dilansir dari lifestyle.okezone bahwasannya menurut Dokter Spesilis Kebidanan Dan Kandungan Eric Kasmara Sp.OG mengungkapkan bahwa, ibu hamil yang ingin beraktivitas di masa new normal harus tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan memakai masker, memperhatikan Physical Distancing, dan harus memawa Hand Sanitizer untuk menjaga tubuh yang rentan akan virus, terutama bagian tangan yang sering bersentuhan dengan orang atau benda lain, sehingga berpeluang besar akan virus covid-19, serta bagi ibu hamil yang ingin berkonsultasi terkait kandungan, bagaimana cara menjaga kesehatan bagi ibu hamil muda dan prosedur ibu hamil saat persalinan dimasa new normal bisa dilakukan dirumah saja tanpa harus pergi kerumah sakit, yakni bisa melalui aplikasi halodoc atau ibu hamil bisa langsung mengunjungi website resmi halodoc yang didalamnya terdapat banyak sekali informasi mengenai kesehatan seputar ibu hamil.

Sebelum ibu hamil menghadapi persalinan, jika ingin melakukan persalinan di kampung halaman atau ditempat sumai atau ditempat mertua atau ingin ditemani oleh orang tua tapi khwatir akan perjalanan saat hendak bepergian ke daerah yang dirasa masuk zona kuning, zona merah, atau daerah tersebut masuk kedalam zona hijau. Dimasa new normal ini ibu hamil tidak perlu khawatir, jika berkeinginan melakukan persalinan diwilayah tersebut. Ibu hamil bisa melakukan beberapa prosedur hendak melakukan aktivitas atau persiapan berpergian dengan aman dan nyaman, yakni:

Lakukan Rapid Test Diwilayah Saat Ini Anda Berada

Pertama, sangat diperlukan bagi siapa saja yang hendak berpergian ke wilayah lain, khususnya bagi ibu hamil yang ingin sekali melakukan persalinan di kampung halaman. Sebelum melakukan Rapid Test, ibu hamil bisa berkonsultasi ke situs resmi halodoc agar bisa memahami apa saja yang harus dilakukan saat Rapid Test. Sehingga masa new normal ini benar-benar menjaga dan memutus akan adanya penularan covid-19. Tata Cara Rapid Test Bagi Ibu Hamil

Lakukan Protokol Kesehatan Saat Hendak Berpergian

Kedua, bagi ibu hamil yang ingin melakukan persalinan ditempat lain atau di kampung halaman dan tempat itu diluar wilayah tinggal, maka harus menerapkan protokol kesehatan di masa new normal, diantaranya: pakailah kendaraan pribadi atau travel yang benar seteril dari covid-19 dengan cara melakukan penyemprotan desinfektan ke bagian dalam atau luar mobil tunggu selama 25 menit, setelah itu tetap sedia selalu hand snitizer dan masker agar tetap aman selama perjalanan. Sebelum melakukan perjalanan penuhi kebutuhan ibu hamil selama perjalanan, seperti bekal, obat-obatan, atau lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Setelah itu pastikan mobil hanya terisi tiga orang saja, yakni sopir, suami, dan istri agar tetap aman dan selalu terjaga, jangan lupa sebelum berangkat pastikan semua telah di Rapid Test.

Setelah sampai di kampung halaman ibu hamil harus dikontrol oleh petugas kesehatan setempat, yakni puskesms dan pengontrolan bisa dilakukan dirumah saja tanpa harus dilakukan dirumah sakit atau puskesmas untuk menghindari orang berkerumun di puskesmas. Sampai tiba waktu bersalin, ibu hamil harus melakukan 3 prosedur persalinan di masa new normal agar dalam persalinan nanti ibu dan bayi terhindar dari covid-19.

Apa saja 3 Prosedur Ibu Hamil Di Masa New Normal Saat Persalinan ?

Pertama, Lakukan Komunikasi Secara Teratur dengan Bidan Anda. Komunikasi teratur dilakukan agar ibu hamil memahami hal apa saja yang harus dilkukan saat persalinan. Komunikasi antara bidan dan ibu hamil biasanya sangat membantu sekali akan proses persalinan, karena arahan-arahan yang diberikan bidan terkait aturan dalam menjaga kandungan memudahkan ibu hamil melakukan persalinan, seperti mengatur pola makan saat persalinan, mengatur olah nafas saat persalinan, dan lainnya yang diharapkan melalui komunikasi via daring melalui halodoc secara intens dapat bermanfaat sekali di masa new normal ini.

Kedua, Pilih Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak. Sebelum persalinan semkin dekat baiknya ibu hamil mencari referensi Rumah sakit yang hanya menangani ibu dan anak atau rumah sakit yang menyediakan tempat khusus ibu dan anak yang tempatnya berada dilantai atas, seperti bersalin, kamar untuk perawatan ibu, dan kamar bayi, sehingga terpisah dengan pasien lainnya untuk menghindari kontak langsung dengan pasien yang sakit. Karena ibu hamil harus seteril saat persalinan agar persalinan dapat berjalan lancar, serta ibu dan anak tetap dalam kondisi sehat.

Ketiga, Lakukan Prosedur Screening Covid-19 Pada Ibu. Dalam hal ini sebelum melakukan proses persalinan ibu hamil, pihak rumah sakit bisa melakukan proses atau prosedur screening Covid-19 pada Ibu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan apabila dalam prosedur screening terjadi hasil positif Covid-19 pada ibu, maka dalam proses persalinan ibu hamil melakukan tindakan operasi caesar. Tindakan ini dilakukan agar tidak terjadinya efek kontak langsung dari ibu ke bayi. Adapun dalam pemberian ASI ke bayi dilakukan susuai protokol kesehatan, yakni dengan pemberin melalui ASI yang diambil dari ibu melalui botol yang telah disediakan oleh pihak rumah sakit. Setelah persalinan selesai ibu dan anak harus dipisahkan sementara untuk melakukan perawatan insentif agar ibu benar-benar seteril dan siap menyusui sang bayi.

Demikian, 3 Prosedur Ibu Hamil Di Masa New Normal Saat Persalinan yang perlu dilakukan dan diperhatikan ibu hamil muda atau pasangan muda yang baru menikah dan ingin memiliki anak di masa new normal ini, jangan ada rasa khawatir dalam beraktivitas tetap lakukan aktivitas sesuai prtotokol kesehatan di masa new normal.

Post a Comment

Post a Comment