ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Daftar Bacaan  Doa Ramadhan 2021 Lengkap, Arab, Latin Beserta Artinya | PDF

NIKAYU.COM - Daftar Bacaan  Doa Ramadhan 2021 Lengkap, Arab, Latin Beserta Artinya | PDF – Kumpulan doa-doa setiap hari menjelang Ramadhan 1442 H/2021 telah dirangkum secara lengkap pada artikel ini. Jadi, anda tinggal Download daftar doa Ramadhan 1442 H/2021 berbentuk PDF, Word, Excel yang disertai dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. 

Menjelang Ramadhan 1442 H/2021 sudah  seharusnya mempersiapkan segalanya, seperti melatih bacaan Al-Quran, membersihkan jiwa yang kotor dengan cara mendengarkan tausiah, melatih kesabaran, melatih untuk berpuasa senin dan kamis agar saat bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 tiba kita sudah siap dan senang untuk menjalankan kewajiban kita sebagai umat muslim.

Tahukah kalian dengan mengamalkan amalan baik di bulan Ramadhan 1442 H/202, kita akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat dari Allah Swt, seperti amalan yang baik untuk kita lakukan di bulan suci Ramadhan 1442 H/2021 adalah membaca doa-doa pendek setiap hari, contohnya doa mau memakai baju, doa makan, doa ingin pergi ke masjid, membaca doa niat berpuasa Ramadhan 1442 H/2021, dan membaca doa sehari-hari lainnya akan lebih utama di bulan suci Ramadhan 1442 H/2021, karena bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan, bulan penuh kenikmatan dan bulan yang selalu dirindukan oleh umat islam seluruh dunia.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita harus  melatih kebiasaan yang baik agar  saat bulan Ramadhan 1442 H/2021 tiba, kita telah  siap  untuk mencari ridho Allah dengan melakukan hal-hal yang baik. Kemudian di bulan Ramadhan 1442 H/2021, kita harus membiasakan untuk sedekah agar orang lain merasakan kenikmatan yang luar biasa saat Ramadhan 1442 H/2021.

Sebelum bersedekah di bulan Ramadhan 1442 H/2021 ada baiknya untuk membaca doa agar sesuatu yang kita berikan kepada orang tersebut dapat bermanfaat dan bisa digunakan sebaik-baiknya.

Mungkin, kita tidak tahu di bulan Ramadhan 1442 H/2021 nanti, apakah akan sama kondisinya dengan bulan ramadhan tahun lalu, karena wabah virus ini membuat sebagian orang sedih dan was-was untuk beribadah di luar rumah yang mana harus kita pahami bahwa menjaga jarak dan memakai masker adalah hal yang paling penting untuk saat ini.

Segala ikhtiar sudah dilakukan untuk meredakan wabah ini, namun sampai saat ini masih mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mari perbanyak membaca bacaan doa dan mengamalkan setiap doa yang sudah kita pelajari sampai saat ini. Apalagi menjelang Ramadhan 1442 H/2021 merupakan sebuah moment yang baik untuk perbanyak amal sholeh dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. 

Dikutip dari islam.nu.or.id bahwa KH A Nuril Huda Ketua PP Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) menuliskan ada beberapa keutamaan atau keistimewaan bulan Ramadhan 1442 H/2021 yang bisa kita ambil hikmahnya.

Dengan demikian, mari kita berlomba-lomba melakukan kebaikan, salah satunya dengan membaca lafal doa sehari-hari yang disertai dengan artinya, bersedekah, membaca dan menghafalkan Al-Quran dan sebagainya.

Berikut keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan 1442 H/2021 yang bisa kita baca dan kita amalkan setiap hari. 

1.Ramadhan adalah bulan penuh berkah, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan pun dibelenggu. Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.

Rasulullah SAW bersabda:

 

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌمُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَنَّةِ وَيُغْلَقُ فَيْهِ أبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلًّ فَيْهَ الشَّيَاطَيْنُ فَيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ ألْفِ شَهْرٍ

Telah datang Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. (HR. Ahmad) 

2.Allah SWT membebaskan penghuni neraka pada setiap malam bulan Ramadhan. 

Rasulullah SAW bersabda:

إذَا كَانَ أوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أبْوَابُ الجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِيْ مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلُّ لَيْلَةٍ 

 

Jika awal Ramadhan tiba, maka setan-setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Sedangkan pintu-pintu surga dibuka, dan tidak satu pintu pun yang ditutup. Lalu ada seruan (pada bulan Ramadhan); Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, tahanlah dirimu. Pada setiap malam Allah SWT memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka. (HR Tirmidzi) 

3.Puasa bulan Ramadhan adalah sebagai penebus dosa hingga datangnya bulan Ramadhan berikutya.

 Rasulullah SAW bersabda:

 

اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَاُن إلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاةٌ مَا بَيْنَهُنَّ إذَاجْتَنَبَ اْلكَبَائِرَ

Jarak antara shalat lima waktu, shalat jum’at dengan jum’at berikutnya dan puasa Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya merupakan penebus dosa-dosa yang ada diantaranya, apabila tidak melakukan dosa besar. (HR Muslim)

4.Puasa Ramadhan bisa menebus dosa-dosa yang telah lewat, dengan syarat puasanya ikhlas. 

Rasulullah SAW bersabda:

 

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إيْمَا نًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan karena Iman dan mengharap pahala dari Allah maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari dan Muslim) 

5.Barang siapa memberi buka orang yang puasa maka mendapat pahala sebanyak pahala orang puasa tersebut. 

مَنْ فَطَرَ صَائِمًا كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أجْرِ الصَّا ئِمِ لَا يَنْقُصَ مِنْ أجْرِ الصَّائِمِ شَيْئٌ

Barang siapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut. (HR Ahmad)

Berikut daftar bacaan doa sehari-hari saat Ramadhan 1442 H/2021 yang bisa anda download dalam berbagai versi, yakni PDF, Word, Excel, PPT, jadi anda tidak lagi repot untuk mencatat di kertas ya. Tinggal Download kumpulan bacaan doa sehari-hari saat Ramadhan 1442 H/2021 pada artikel ini , jangan lupa share, semoga bermanfaat!

[NEW] Download Bacaan Doa Sehari-Hari Ramadhan1442H/2021 | JPG

[NEW] Download Bacaan Doa Sehari-Hari Ramadhan1442H/2021 | WORD

[NEW] Download Bacaan Doa Sehari-Hari Ramadhan1442H/2021 | PPT

[NEW] Download Bacaan Doa Sehari-Hari Ramadhan 1442 H/2021 | PDF

Sumber: islam.nu.or.id

Post a Comment

Post a Comment