ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Kontribusi Korindo Melawan Covid-19, Melalui Program CSC: Menuju Germas

nikayu.com - Kontribusi Korindo Melawan Covid-19, Melalui Program CSC: Menuju Germas | Kesehatan menjadi keinginan setiap orang yang paling diprioritaskan, sebab dengan memiliki tubuh yang sehat dan kuat, maka segala aktivitas dapat berjalan dengan baik dan lebih kondusif. Salah satu cara menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, olahraga teratur dan tidak lupa cek up ke klinik terdekat yang ada di daerah masing-masing. Karena klinik, puskesmas, puskesdes atau rumah sakit menjadi tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang berkontrubusi dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Pusat pelayanan masyarakat sudah seharusnya merata diberbagai daerah di Indonesia, salah satunya wilayah Papua yang masih membutuhkan fasilitas pelayanan kesehatan yang optimal dan struktural. Daerah Papua saat ini mengalami kemajuan infrastruktur yang pesat, terlihat sudah banyak akses infrastruktur yang telah dibangun diberbagai daerah di Papua, sehingga pendistribusian logistik ke daerah Papua dapat berjalan dengan maksimal dalam waktu yang singkat. Kemajuan infrastruktur harus diimbangi dengan pemerataan ekonomi, kesehatan, dan kesejahteraan sosial.

Tahun 2020 merupakan tahun yang sulit untuk mengatasi soal perekonomian dan kesehatan yang disebabkan oleh persebaran virus Covid-19 di berbagai daerah Indonesia yang semakin meningkat, sehingga membuat pemerintah lebih mempercepat pemerataan distribusi penanganan Covid-19 melalui gugus tugas masing-masing daerah, seperti distribusi logistik kesehatan berupa masker, APD, Perlengkapan makanan, obat-obatan, dan lain-lain selama pandemi Covid-19.

Selain itu, tidak hanya pemerintah saja yang ikut berperan aktif dalam mempercepat penanganan wabah Covid-19 ini, namun ada beberapa perusahaan yang ikut berperan dalam membantu pemerintah untuk memutus rantai penyebaran wabah virus Covid-19, yakni Korindo Group mendistribusikan bantuan masker sebanyak 120.000 masker yang diserahkan untuk masyarakat Papua. Hal ini sebagai wujud kepedulian Korindo Group terhadap Kesehatan yang Baik Untuk Sesama, khususnya untuk masyarakat Papua yang berada di daerah pendalaman.

Perusahaan KORINDO Group ?

Tau Gak Sih, Apa itu Korindo Group ? “yups, Korindo Group merupakan suatu perusahaan swasta yang eksistensinya bergerak dibidang industri selama berpuluh tahun, yakni dimulai pada tahun 1969 sampai sekarang,” nah loh ? Cukup lama bukan, perusahaan swasta ini telah lama mendedikasikan segala macam programnya untuk pengembangan sosial yang mana sesuai dengan misi dari perusahaan Korindo Group, yakni meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dengan membangun sektor ekonomi, kesehatan, lingkungan, sosial, pendidikan, dan masih lainnya dengan bersinergi dalam bentuk koordinasi, integrasi, dan kolaborasi melalui program unggulan dalam pengembangan sosial. Hal ini sesuai dengan misi pemerintah untuk meratakan pembangunan dalam sektor infrastruktur yang diharapkan dapat mewujudkan perkembangan dan kemajuan yang pesat di Indonesia, khususnya di daerah pedalaman.

Filosofi KORINDO Group ?

KORINDO Group merupakan salah satu perusahaan yang unik dan menarik, karena Korindo Group memiliki sebuah arti atau filosofi yang pastinya menjadi spirit perusahaan untuk lebih berkembang pesat dalam dunia industri. Adapun filosofi tersebut sangat berarti untuk perusahaan dalam meningkatkan kualitas SDM dan membangun kemajuan perusahaan di dunia industri, yakni berorientasi pada masa depan, inovatif, dan berorientasi pada konsumen.

Pertama, Berorientasi Masa Depan

KORINDO Group bertekad untuk melakukan perubahan terhadap perkembangan masa depan yang lebih berkompeten ditengah persaingan industri yang semakin ketat, sehingga Korindo Group harus memiliki strategi dalam menghadapi tantangan-tantangan yang akan terjadi dalam industri bisnis dengan cara menciptakan peluang yang berbeda dengan pesaing industri lainnya, seperti bersinergi dan berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat dalam meningkatkan SDM guna membawa perubahan besar di masa depan.

Kedua, Inovatif

KORINDO Group bergerak melakukan perubahan dengan berinovasi dalam menciptakan bisnis baru yang diiringi dengan kemajuan teknologi dalam dunia industri bisnis, karena Korindo Group memiliki misi dan visi yang tinggi, yakni menjalin jaringan perusahaan yang lebih luas agar dapat menjadi pemimpin global yang menciptakan nilai-nilai baru dengan memberikan peluang usaha dibidang industri yang kreatif, inovatif dan efektif, serta mampu menghasilkan keuntungan yang tinggi melalui investasi.

Ketiga, Berorientasi pada Konsumen

KORINDO Group adalah sebuah perusahaan yang telah lama berkontribusi dalam mensejahterakan konsumen melalui pelayanan berupa barang dan jasa, serta berusaha memenuhui kebutuhan konsumen dan meningkatkan kepuasaan konsumen melalui program unggulan dalam pengembangan sosial.

KORINDO Group telah berkomitmen untuk terus mengabdi kepada masyarakat di daerah pedalaman yang belum terjamak pemerintah dengan menyalurkan logistik berupa perlengkapan kesehatan atau logistik kebutuhan pokok. Salah satu daerah di Papua yang telah terealisasi adanya pengadaan logistik kesehataan, yakni daerah Kabupaten Merauke telah didistribusikan masker sebanyak 50.000 masker, Kabupaten Boven Digoel telah didistribusikan masker sebanyak 50.000 masker, dan Kabupaten Mappi telah didistribusikan masker sebanyak 20.000 masker.

Kemudian KORINDO Group mengalokasikan dana untuk menambah pendistribusian logistik nakes berupa perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 3.500 yang nantinya akan digunakan tenaga kesehatan dalam menangani wabah virus Covid-19 diberbagai Rumah Sakit Umum Daerah atau klinik yang ada di Kabupaten Merauke, Boven Digoel, dan Mappi. Pendistribusian logistik APD oleh Gorindo Group diharapkan dapat mengurangi angka terkonfirmasi di wilayah Papua, sebab ada beberapa nakes yang terinfeksi virus Covid-19.

Hal ini membuat Korindo Group semakin peduli kepada tenaga kesehatan dan masyarakat yang harus patuh terhadap protokol kesehatan, serta Korindo Group berupaya memberikan pendekatan kepada masyarakat akan pentingnya Kesehatan yang Baik Untuk Sesama, serta KORINDO Group mengapresiasi kepada masyarakat Papua, khususnya di daerah pedalaman dengan membangun klinik kesehatan di Kabupaten Boven Digoel, Papua. Klinik tersebut diberi nama Klinik Asiki merupakan klinik modern berlokasi di Kampung Asiki yang dipilih Korindo Group untuk memfasilitasi masyarakat Papua yang kebetulan lokasi Kabupaten Boven Dgoel berada di daerah pedalaman, seperti Kampung Asiki tepat berada di wilayah perbatasan Indonesia dan Papua New Guinea.

Wujud nyata Korindo Group dalam meningkatkan kualitas kesehatan di daerah pedalaman, yakni berkontribusi membangun Klinik Asiki yang telah lama diresmikan sejak tahun 2017 sampai saat ini telah dilengkapi ruang rawat jalan, rawat inap, ruang bersalin, ruang perawatan bayi atau perinatologi, IGD, ruang bedah minor, USG, farmasi, kendaraan ambulans dan fasilitas lainnya. Klinik Asiki berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat papua dengan melakukan sosialisasi protokol kesehatan, pemeriksaan gratis seputar gula darah, kolestrol dan asam urat, serta pelayanan lainnya yang menuntut tenaga kesehatan terjun langsung ke berbagai daerah pedalaman.

Tujuan Perusahaan KORINDO Group ?

KORINDO Group bertekad untuk membangun relasi hubungan yang harmonis dalam bidang ekonomi, sosial, kesehatan dan lainnya, serta diharapkan dapat merata di seluruh Indonesia agar kesejahteraan dapat tercapai seiring kemajuan, seperti wujud nyata yang telah dilakukan Korindo Group adalah telah mengembangkan investasi yang cukup pesat perkembangannya, sehingga dapat membantu pemerintah untuk ikut berkontribusi dalam meningkatkan sektor perekonomian, sosial, perkebunan, pendidikan, infrastruktur, dan paling utama sektor kesehatan, karena dalam beberapa sektor tersebut Korindo Group berkomitmen untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berada di wilayah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (3T), yakni wilayah Papua khususnya daerah pedalaman yang menjadi prioritas Korindo Group.

Program CSC KORINDO Group ?

KORINDO Group berupaya meratakan program sosial melalui pembangunan diberbagai sektor perekonomian, infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan, yakni salah satu program Korindo Group adalah Corporate Social Contribution/Responsibility (CSC/CSR).

Apa itu Corporate Social Contribution/Responsibility (CSC/CSR) ?

Corporate Social Contribution/Responsibility (CSC/CSR) merupakan sebuah program yang dibentuk untuk mensejahterakan masyarakat disekitar perusahaan Korindo Group yang diharapkan dapat meningkatkan relasi hubungan yang baik bagi perusahaan dan masyarakat, serta dapat lebih berkontribusi dalam membangun fasilitas umum, infrastruktur, sosial, ekonomi, pendidikan, dan yang palling utaman adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui Corporate Social Contribution.

Program Corporate Social Contribution atau CSC telah lama didistribusikan oleh Korindo Group untuk meningkatkan pemerataan pembangunan diberbagai daerah yang ada di Indonesia, khusunya wilayah Papua di daerah pedalaman yang masih membutuhkan pembangunan diempat sektor tersebut. Hal ini terbukti adanya penghargaan dari Padmamitra di tahun 2018 yang mengkategorikan perusahaan Korindo Group sebagai perusahaan yang telah berkontribusi dalam membangun kemajuan di daerah pedalaman, seperti fasilitas kesehatan, pelatihan, pendidikan, infrastruktur dan lain-lain.

Program Unggulan KORINDO Group Melalui Program CSC ?

Wujud nyata KORINDO Group dalam berkontribusi di daerah pedalaman, yakni dibuktikan dengan keseriusan Korindo Group dalam melawan Covid-19 melalui beberapa program unggulan Korindo Group. Salah satu program unggulan Korindo Group adalah membangun sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat sekitar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna menunjang pembangunan yang berkelanjutan berbasisis ekonomi kreatif dalam menuju Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS), serta diperkuat dengan kemajuan teknologi dan informasi dalam memfasilitasi pembangunan di daerah Terluar, Terdepan, dan Tertinggal yang ada di Indonesia, yakni melalui sektor kesehatan, sektor Ekonomi, sektor pendidikan, dan sektor lingkungan.

Sektor Kesehatan

KORINDO Group berupaya tetap siaga dalam menanggapi permasalahan dan kendala disektor kesehatan yang terjadi dalam satu tahun terakhir, yakni melakukan kordianasi dan monitoring untuk menekan lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia, terutama di daerah pedalaman yang membutuhkan edukasi dalam menangani percepatan kasus Covid-19. Perlunya edukasi terhadap bahaya virus Covid-19 yang semakin melonjak akibat dari klaster baru virus tersebut yang disebabkan ketidakpahaman masyarakat dalam menerapkan pentingnya protokol kesehatan. Korindo Group memiliki tanggung jawab sosial ke masyarakat dan berkomitmen melakukan kontribusi berupa penyaluran logistik masker kepada masyarakat wilayah Papua, khususnya di daerah pedalaman perbatasan Indonesia dan Papua New Guinea, serta mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) di klinik dan rumah sakit dalam meningkatkan kualitas kesehatan di daerah pedalaman Papua.

Selain itu KORINDO Group berperan aktif melalui Klinik Asiki melakukan penyuluhan terkait penanganan gizi buruk yang terjadi di daerah pedalaman Papua. Penyuluhan ini dilakukan secara insentif dengan melibatkan tenaga medis dari Klinik Asiki ke pelosok-pelosok daerah Kabupaten Boven Digoel, Papua yang mayoritas akses tempat penduduk sulit terjangkau, sehingga Klinik Asiki berinisiatif untuk melakukan pelayanan jemput pasien agar hak masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dapat merata di daerah Papua.

KORINDO Group diharapkan dapat memperluas akses masuk tenaga kesehatan di wilayah Papua yang belum terjangkau pemerintah secara intensif, karena masih banyak pastinya masyarakat yang berada di daerah pedalaman Papua, belum mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal, sehingga langkah selanjutnya adalah mencoba memperluas jaringan sinergi antar tokoh adat, antar tokoh kampung dan pemeritah daerah untuk mendata secara keseluruhan tempat yang belum maksimal akan pelayanan kesehatan dan pendataan tersebut memudahkan Korindo Group dalam mendistribusikan logistik secara berkala dalam waktu relatif singkat.

Sektor Ekonomi

Perekonomian dimasyarakat pedalaman daerah Papua berupaya bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung, dengan cara mengoptimalkan usaha sayur yang telah menjadi program Korindo Group melalui Corporate Social Contribution (CSC). Pengaplikasian program Corporate Social Contribution (CSC) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pedalaman daerah Papua, yakni dengan melakukan pemantauan dan monitoring terhadap program budidaya sayuran yang telah dilakukan oleh Korindo Group sejak tahun 2018, program ini bertujuan untuk mendorong masyarakat pedalaman daerah Papua dalam memanfaatkan lingkungan .

Selain itu, KORINDO Group membantu pembangunan sentra perekonomian, yakni sentra pasar yang berada di Kota Asiki, Papua. Pembangunan pasar sebagai wujud nyata keseriusan Korindo Group meningkatkan perekonomian masyarakat pedalaman, khusunya di Kota Asiki, namun ditengah pandemi Covid-19 Korindo Group menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dan jaga jarak agar demi memutus penyebaran virus Covid-19 yang semakin melonjak. Penggunaan protokol kesehatan diharapkan dapat menjadi kebiasaan baru yang diterapkan pada sektor ekonomi dengan melakukan sinergi antara Korindo Group dan pemerintah daerah demi mewujudkan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS).

Sektor Pendidikan

KORINDO Group melalui program Corporate Social Contribution (CSC) berkomitmen untuk mengembalilkan dunia pendidikan yang sekian lama terhenti akibat adanya wabah virus Covid-19. PT Tunas Sawa Erma (TSE) salah satu bagian unit bisnis Korindo Group yang beroperasi di Papua melakukan kontribusi terhadap dunia pendidikan di wilayah pedalaman Papua berupa bantuan honor guru di Camp 19, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Korindo Group melalui program Corporate Social Contribution (CSC) sebayak 23 guru, yakni terdiri dari 5 guru TK, 6 guru SD, dan 12 guru SMP, telah terbantu adanya program Corporate Social Contribution (CSC) yang diberikan pada setiap bulannya. Hal ini wujud nyata kepedulian dan keseriusan Korindo Group dalam berkontribusi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membangun kesejahteraan bagi masyarakat pedalaman di daerah Papua. Adanya program Corporate Social Contribution (CSC) diharapkan dapat mencukupi kebutuhan tenaga pendidik selama pandemi Covid-19 yang mengharuskan bekerja di rumah secara virtual atau daring.

Sektor Sosial dan Lingkungan

Korindo Group melalui program Corporate Social Contribution (CSC) berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, berkualitas, dan unggul dalam berkompeten membangun daerah dan menciptakan peluang bisnis yang baru. Hal ini telah diwujudkan oleh Korindo Group melalui PT Papua Agro Lestari (PAL) yang memberikan kontribusi berupa rumah layak huni kepada masyarakat Kampung Guiss, Papua. Adanya kontribusi rumah layak huni diharapkan dapat meningkatkan kualitas Kesehatan yang Baik Untuk Sesama di daerah pedalaman.

Wujud nyata Korindo Group Berkontribusi membangun pusat kesehatan yang layak di daerah pedalaman, yakni Daerah Papua yang telah memiliki Klinik Asiki terbaik di wilayah Papua. Berikut cuplikan sekilas perjuangan Korindo Group ikut serta membangun daerah pedalaman agar dapat berkembang dan menjadi daerah yang maju.

Referensi :

https://korindonews.com/erasing-disparaty-in-the-border-regions-part-02/?lang=id

https://korindonews.com/asiki-clinic-korindos-effort-in-building-indonesia-from-the-periphery/?lang=id

https://korindonews.com/korindo-group-actively-helps-papuan-community-amid-covid-19-pandemic/?lang=id

https://korindonews.com/korindo-donates-ppe-hazmat-suits-to-hospitals-in-papua/?lang=id

https://korindonews.com/despite-the-pandemic-pt-tse-continues-providing-the-honorarium-for-the-rural-teachers/?lang=id

https://www.korindo.co.id/korindo-asiki-clinic-named-the-best-clinic-in-papua/?lang=id

https://industri.kontan.co.id/news/klinik-asiki-upaya-korindo-bangun-indonesia-dari-pinggiran

Sumber Gambar:

IG. korindogroup_pr

IG. klinikasiki

Post a Comment

Post a Comment