ntrQswiZ9Xz2ZXNIzUYXO9upCeKOpIdP9N5EoMzW
Bookmark

Mudik Idul Fitri 2020 Aman Tanpa Khawatir Covid-19, Ini Caranya !

NIKAYU.COM - Mudik Idul Fitri 2020 Aman Tanpa Khawatir Covid-19, Ini Caranya ! Mudik menjadi tradisi masyarakat Indonesia menjelang Idul Fitri, sebagai bentuk syukur atas satu bulan penuh menahan rindu jauh dari keluarga karena suatu pekerjaan atau sebuah pendidikan disuatu kota. Mudik Idul fitri 2020 nampaknya akan terasa berbeda dengan mudik sebelumnya ditahun 2019, karena banyak polemik atau problem yang mengharuskan masyarakat untuk tidak melakukan mudik saat menjelang idul fitri sampai berakhirnya pandemi covid-19 ini.

Sangat terasa sekali Mudik Idul Fitri 2020 dengan keinginan yang aman tanpa khawatir Covid-19. Rasa takut untuk melakukan mudik pasti ada, akan tetapi masyarakat dituntut untuk lebih bijak menyikapi situasi pandemi covid-19 yang sangat membahayakan diri dan keluarga. Apalagi dengan perubahan virus yang beragam menjangkiti orang, membuat kita harus lebih waspada dalam melakukan interaksi berskala besar dalam perjalanan Mudik Idul Fitri 2020.

Dengan demikian, sebagaian masyarakat tak memiliki pilihan untuk tidak melakukan Mudik Idul Fitri 2020. Karena kondisi ekonomi ataupun sosial yang tidak mendukung dan kurang bersimpatik atas wabah pandemi covid-19 ini, mengharuskan masyarakat menumpuh jalan pilihan terakhir untuk melakukan Mudik Idul Fitri 2020, walaupun nyawa meraka taruhannya, bahkan keluarga meraka ikut terancam atas covid-19 ini.

Kondisi pandemi covid-19 ini semakin hari sangat memperhatikan dan menjadi sorotan dunia atas wabah yang tak henti-henti menjangkiti bagi siapapun orangnya, khususnya di Indonesia. Semakin banyak kasusus setiap harinya yang bertambah akibat covid-19 ini, seharusnya pihak-pihak yang menjadi garda terdepan turut aktif untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Semua berawal dari kesiapan dan keseriusan pemerintah untuk memiliki pendirian untuk menetapkan peraturan khsusus mengenai Mudik Idul Fitri 2020 yang akan berlangsung beberapa hari kedepan.

Sebelumnya peraturan mengenai Mudik Idul Fitri 2020 sempat dibekukan atau ditiadakan oleh pemerintah guna memutus rantai penyebaran pandemi covid-19 ini yang dapat menyebar melalui seseorang yang berada dizona atau diwilayah tertentu telah terpapar virus covid-19. Akan tetapi, tak berlangsung lama pemerintah teelah merubah peraturan tersebut dengan mengizinkan pemudik untuk melakaukan Mudik Idul Fitri 2020.

Kebijakan ini membuat pemudik yang jauh-jauh hari melakukan Mudik Idul Fitri 2020 ditengah khawatir pandmei covid-19 sangat kecewa, karena telah memutar balik akibat larangan sebelumnya yang tidak memperbolehkan masyarakat untuk mudik. Seharusnya pemerintah bersikap tegas dalam memutus penyebaran virus covid-19 ini agar masyarakat benar-benar mengurungkan niatnya untuk mudik.

Oleh karena itu, bagi pemudik yang ingin Mudik Idul Fitri 2020 aman, tanpa khawatir virus covid-19, bisa melakukan berbagai cara ini ?

Langkah pertama yang dilakukan para pemudik akan Mudik Idul Fitri 2020 adalah pemudik harus memastikan telah menyediakan hand sanitizer untuk tetap menjaga kebersihan diri, setelah bersentuhan dengan benda-benda yang terdapat di stasiun atau di Bis atau seseorang yang ada ditempat umum. Pemudik bisa menyediakan tisu basah, apabila tidak memiliki handz sanitizer. Dengan adanya tisu basah diharapkan dapat mempermudah para pemudik selalu menjaga kebersihannya yang ingin Mudik Idul Fitri 2020.

Langkah kedua yang dilakukan para pemudik akan Mudik Idul Fitri 2020 adalah pemudik harus menyedikan masker untuk dipakai saat mudik idul fitri 2020, dengan adanya masker diharapakan dapat mengindari virus covid-19 yang berterbangan diudara dan mengindari orang yang dirasa nampak tidak sehat. Sehingga sangat diperlukan untuk dibawa saat mudik idul fitri 2020. Kemudian, apabila pemudik ingin mudik idul fitri 2020 dengan transportasi umum, harus tetap diingat untuk sosial distancing atau jaga jarak untuk tidak berinteraksi dengan orang lain.

Langkah ketiga yang dilakukan para pemudik akan Mudik Idul Fitri 2020 adalah apabila pemudik telah tiba dikampung halamannya, maka sesampai dikampung diharapkan menuju kepuskesmas atau keposko penanganan covid-19 untuk melakukan cek up suhu badan atau kesehatan lainnya agar dapat menagantisipasi penyebaran covid- 19 melalui perjalanan mudik dan jangan lupa mensterilkan kendaraan dengan cairan disinfektan.

Langkah keempat yang dilakukan para pemudik akan Mudik Idul Fitri 2020 adalah pemudik harus mengecek keadaan kendaraan yang dipakai untuk mudik telah benar-benar bersih dari virus covid-19 dan pemudik tetap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Berikut tips Mudik Idul Fitri 2020 Aman Tanpa Khawatir Covid-19, semoga dapat bermanfaat bagi para pemudik yang melakukan Mudik Idul Fitri 2020 dengan rasa Aman Tanpa harus Khawatir Covid-19, lakukan cara ini dan terapkan di keluarga anda yang akan Mudik Idul Fitri 2020.

Post a Comment

Post a Comment